5 Tips Jualan Buah Online Agar Mendatangkan Pelanggan

Jualan buah online - Buat kamu yang lagi mikir mau mulai bisnis, sekarang tuh paling pas banget! Ada banyak peluang yang bisa dikejar, salah satunya bisnis jual buah online yang lagi nge-trend. 

Kenapa? Karena banyak orang yang pengen belanja buah dengan cara yang gampang dan nggak ribet, tinggal pesen lewat aplikasi atau website, terus tinggal tunggu buahnya dateng ke rumah.

Baca juga Tips Memulai Usaha Jualan Buah Pinggir Jalan

Kalo kamu penasaran pengen tau gimana caranya jualan buah online kamu bisa ramai pembelinya, yuk kita cek beberapa tipsnya!

Tips Jualan Buah Online yang Fresh dan Tetap Berkualitas

Tips Jualan Buah Online yang Fresh
Tips Jualan Buah Online yang Fresh

Kalo kamu pengen sukses jual buah online dengan kualitas yang oke, ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti nih:

Pilih dan Kenali Buah yang Akan Dijual

Langkah awal yang nggak boleh dilewatkan adalah pilih jenis buah yang akan kamu jual online. Mendingan pilih buah-buahan yang selalu jadi favorit banyak orang dan selalu dicari, kayak pir, apel, pisang, semangka, anggur, jeruk, dan melon.

Selanjutnya, penting banget loh buat kamu kenali detail dari setiap buah yang kamu jual. Mulai dari jenisnya, gimana cara tau buahnya udah mateng atau belum, cara tau buah yang manis atau udah mulai kurang enak, sampai cara menyimpan dan membersihkannya.

Ingat ya, walaupun yang kamu jual online, pasti akan ada pelanggan yang punya banyak pertanyaan soal buah yang kamu jual. Jadi, jadiin kamu sebagai penjual yang bisa diandalkan dan selalu siap jawab semua pertanyaan pelanggan dengan baik. Ini supaya mereka tambah percaya dan puas belanja di tempat kamu.

Pastikan Buah Tetap Kering dan Segar

Salah satu tips jualan buah online yang nggak boleh diabaikan adalah pastikan buah yang kamu jual selalu dalam keadaan kering. Karena, kalau buahnya terlalu basah, cepet banget nih jadi nggak awet dan bisa cepet busuk.

Selain itu, kalau buahnya basah, bakteri bisa dengan mudah berkembang biak di permukaannya. Makanya, kamu harus selalu memastikan buah dalam kondisi kering.

Baca juga Konsep Jualan Pinggir Jalan

Ada trik sederhana nih buat menjaga buah tetap kering, kamu bisa taruh buah di atas alas seperti kertas atau tisu yang bisa menyerap kelembapan buah. Atau kalau untuk jenis buah tertentu, lebih baik disimpan dalam wadah yang kedap udara.

Dengan begitu, buah yang kamu jual online bakal tetap terjaga kualitasnya dan tetap segar sampai di tangan pembeli.

Kontrol Suhu Buah dengan Baik Agar Jualan Buah Online Diminati

Langkah penting lainnya dalam jualan buah online adalah mengatur suhu buah dengan cermat. Beberapa buah bisa tahan dengan suhu kamar, tapi ada juga yang lebih baik disimpan di lemari pendingin.

Penting banget buat kamu paham dan bisa membedakan kebutuhan suhu setiap jenis buah yang kamu jual. Jangan sampai salah penyimpanan, karena bisa bikin kualitas buah jadi berkurang.

Pastikan juga tempat penyimpanan buah kamu nggak terlalu panas atau lembab. Dengan menjaga suhu yang tepat, buah yang kamu tawarkan online akan tetap segar dan awet lebih lama.

Perhatikan Kemasan yang Aman

Perhatikan Kemasan yang Aman
Perhatikan Kemasan yang Aman

Tips jualan buah online yang selanjutnya ialah kamu harus bisa memastikan bahwa kemasan yang kamu buat itu aman. Dalam bisnis jual buah online, selain fokus pada kualitas, penting juga nih untuk memperhatikan kemasan. Pastikan kemasan yang kamu buat aman buat buahnya dan bisa menjaga kesegarannya.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan informasi penting seperti nama brand, alamat, dan akun media sosial toko kamu. Ini penting biar pelanggan bisa mudah menghubungi dan berinteraksi dengan toko kamu. Saat mengirimkan buah ke pelanggan, pastikan kemasannya rapi dan menarik, agar bisnis kamu makin dikenal dan dipercaya.

Tawarkan Buah dalam Paket Menarik

Selain menjual buah satuan, yuk coba untuk menawarkan buah dalam bentuk paket atau parsel. Ini bisa jadi pilihan menarik buat pelanggan yang ingin belanja buah dalam jumlah lebih banyak atau sebagai hadiah.

Manfaatkan kreativitas kamu untuk bikin tampilan parsel atau paket buah yang catchy. Dengan penampilan yang menarik, pasti banyak pelanggan yang tertarik dan penjualan kamu bisa meningkat.

Nah jika kamu tertarik untuk beli buah secara online, kita ada beberapa rekomendasi yang bisa kamu kunjungi nih. 

Rekomendasi Beli Buah di Aplikasi Apa?

Rekomendasi Beli Buah di Aplikasi Apa
Rekomendasi Beli Buah di Aplikasi Apa

Nah tentunya sebagian dari temen-temen dimudahin disini tertarik untuk beli buah secara online kan? Nah jika kamu tertarik, kita akan bahas juga disini.

Sayurbox

Kalau kamu bisa bingung mau beli buah di aplikasi apa, nih aplikasi keren, namanya Sayurbox. Sayurbox, sebuah platform belanja online, tidak hanya menawarkan pilihan sayur, tetapi juga beragam produk lain seperti bumbu masak, minyak, daging segar, ikan, ayam, dan beras. 

Lebih dari itu, mereka punya pilihan produk organik dan konvensional. Dibangun oleh Amanda Susanti Cole pada tahun 2016, Sayurbox lahir dari kecintaan Amanda pada berkebun. 

Melihat sulitnya petani lokal untuk menjual hasil panen, dia punya ide untuk memudahkan proses ini. Sayurbox bukan sekadar platform belanja. Mereka juga menyediakan kategori berisi tips memasak dan trik untuk memaksimalkan penggunaan sayur yang kamu beli. 

Kalau kamu bingung pilih sayur apa, ini jadi solusi! Dengan kategori yang rapi berdasarkan jenis dan produk paling laris, belanja jadi lebih gampang. Oh ya, jangan lupa selalu cek promo menarik dari Sayurbox yang sayang banget kalau terlewatkan!

Baca juga Resiko Jualan Buah

HappyFresh

Sebagai pesaing Sayurbox, HappyFresh juga menawarkan solusi belanja sayur dan buah secara online yang praktis. Kelebihan HappyFresh adalah kerjasama erat dengan personal shopper di supermarket-supermarket besar seperti Lotte Mart, Farmers Market, Tesco Lotus, dan AEON.

Dirintis sejak tahun 2015, HappyFresh berdiri dengan visi yang besar, salah satunya adalah Fajar Budiprasetyo. 

Tidak hanya berfokus di Indonesia, HappyFresh telah merambah pasar internasional seperti Malaysia dan Thailand. Dengan ragam produk yang mencapai lebih dari 100.000 item, HappyFresh berkomitmen memberikan kemudahan dan kecepatan berbelanja untuk setiap konsumennya.

Titipku

Titipku, aplikasi berbasis di Yogyakarta yang didirikan oleh Ong Tek Tjan pada tahun 2017, telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. 

Meskipun dimulai dari Yogyakarta, Titipku kini telah merambah ke berbagai kota besar lainnya seperti Solo, Jakarta, Jawa Timur, dan Bali. 

Layanan unggulannya mirip dengan jasa titip barang atau jastip, yang memudahkan konsumen dalam pembelian berbagai kebutuhan sehari-hari, mulai dari sayuran, sembako, daging, telur, hingga pakaian, semua dalam satu aplikasi.

Kecipir

Kecipir
Kecipir

Kecipir, aplikasi belanja buah dan sayur yang populer, menawarkan keunggulan layanan antar gratis dengan pembelanjaan minimal Rp50 ribu. 

Selain itu, Kecipir juga menawarkan berbagai pilihan produk yang lengkap, mulai dari sayuran, buah, umbi, bumbu, hingga frozen food. 

Produk tambahan seperti rempah-rempah, termasuk pohpohan, kucai, genjer, dan bahkan kecipir sebagai namanya, juga tersedia di aplikasi ini. 

Didirikan pada tahun 2016 oleh trio pendiri Budhi Dyah Sitawati, Edy Hendras, dan Tantyo Bangun, Kecipir awalnya dikenal dengan nama Local Organic Fresh Mart (LOFMart).

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa tips jualan buah online dengan kualitas yang oke dan fresh. Sekarang, dengan kemajuan teknologi, kita punya banyak opsi platform untuk berbelanja buah-buahan, salah satunya Sayurbox.

Dengan Sayurbox, dan keempat aplikasi kita bisa temukan beragam pilihan buah yang segar dan bermutu. Yang seru lagi, mereka juga menjamin pengiriman dilakukan di hari yang sama. Jadi, nggak perlu khawatir buahnya nggak fresh saat sampai di tangan, ya!

Fitria Nurjannah
Fitria Nurjannah Hello World~

Posting Komentar untuk "5 Tips Jualan Buah Online Agar Mendatangkan Pelanggan"