Cara Melihat Postingan Pertama Di Instagram

Bagaimana sih cara melihat postingan pertama di instagram? Ternyata ada dua cara yang bisa kamu lakukan, lho. Pensaran? Simak artikelnya. 

Pertama, kita bisa melihat postingan kita sendiri. Kedua, kita bisa melihat postingan orang lain. Tapi, ada perbedaan antara keduanya, karena tergantung sama aturan privasi yang dipakai oleh pengguna Instagram. Yuk, simak penjelasannya.

Bagaimana Cara Melihat Postingan Pertama Di Instagram

Cara Melihat Postingan Pertama Di Instagram
Cara Melihat Postingan Pertama Di Instagram

Ada tiga metode yang bisa kita gunakan untuk melihat postingan Instagram yang udah lama kita buat:

Melihat Postingan dengan Cara Manual

Cara manual ini adalah cara paling gampang untuk melihat postingan Instagram yang pertama. Caranya cuma scroll postingan aja. Kita tinggal buka profil kita, terus scroll layarnya sampai ketemu postingan yang paling bawah.

Baca juga Cara Aktivasi Kartu Smartfren Di Hp Xiaomi

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka Aplikasi Instagram.
  • Klik foto profil di pojok kanan bawah menu utama untuk buka profil kita.
  • Scroll profil ke atas.
  • Scroll terus sampai ketemu postingan Instagram yang paling bawah di profil kita. Kalau postingan yang kita punya nggak banyak-banyak amat, cara scroll ini nggak bakal makan waktu lama. Tapi, kalau postingan yang kita punya banyak banget, kita harus sabar dan ngabisin banyak waktu buat nyari postingan yang pertama.

Apalagi kalau postingan kita udah ribuan, pasti susah banget buat nyampe ke bawah profil. Soalnya, pas scroll di profil Instagram, nggak ada kotak scroll yang bisa kita geser buat ngecepetin proses scroll ke bawah profil.

Selain itu, nggak ada cara buat lihat postingan Instagram berdasarkan tanggal. Kalau Instagram punya fitur pencarian berdasarkan tanggal, nyari postingan yang pertama bakal jadi mudah banget kayak lihat postingan lama yang diarsipkan.

Melihat Postingan Pertama yang Diarsipkan

Melihat Postingan Pertama yang Diarsipkan
Melihat Postingan Pertama yang Diarsipkan

Mungkin kita pernah ngarsipin satu atau lebih postingan di Instagram. Cara ngarsipin postingan di Instagram gampang kok. Kita cuma perlu buka postingan yang mau diarsipin, klik ikon tiga titik, lalu klik “Arsipkan”.

Baca juga Cara Mengatasi Layar Redup Pada Android

Nggak usah khawatir, ngarsipin itu bukan ngehapus, jadi kita masih bisa lihat lagi cara melihat postingan instagram paling awal kita yang udah diarsipin. Caranya gini:

  • Buka Aplikasi Instagram.
  • Klik foto profil di pojok kanan bawah menu utama buat buka profil kita.
  • Klik ikon tiga garis di pojok kanan layar buat buka menu profil.
  • Klik “Arsip”.
  • Ada 3 jenis arsip yang bisa kita lihat, yaitu arsip story, arsip postingan, dan arsip siaran langsung. Pilih “Arsip postingan”.
  • Klik ikon kalender.
  • Scroll ke bawah sampai nemu tanggal paling lama dari postingan yang diarsipin.
  • Klik tanggal paling lama itu. Dengan cara ini, postingan yang paling lama diarsipin bakal muncul di layar kita.

Menggunakan Timehop di Instagram

Timehop Instagram adalah aplikasi yang bisa kita pakai buat lihat postingan lama di Instagram berdasarkan tanggal. Aplikasi ini nggak cuma buat Instagram aja, tapi juga buat aplikasi lain kayak Twitter, Facebook, Google Photos, Flickr, dan lain-lain.

Buat nyari postingan paling lama di Instagram pake Timehop, ikutin langkah-langkah gampang ini:

  • Download dan install aplikasi “Timehop – Memories Then & Now” di Google Play Store atau App Store.
  • Buka Timehop.
  • Sinkronkan sama akun Instagram.
  • Cari postingan pertama berdasarkan tanggal.

Aplikasi ini ngebantu kita mengatasi kekurangan dari Instagram yang nggak bisa dipake buat melihat postingan instagram paling awal pake filter tanggal. Buat pake aplikasi Timehop, smartphone yang kita pake harus memenuhi spesifikasi ini:

Baca juga Cara Mengatasi Huruf Kotak Kotak Di Xiaomi

  • Versi Aplikasi : 4.17.2
  • Ukuran file : 15,77 MB
  • OS Minimum : Android 5.0

Kalau smartphone kita bisa ngikutin spesifikasi itu, yuk download dan install Timehop sekarang juga di ponsel kita!

Cara Melihat Postingan Lama di Instagram Orang Lain secara Manual

Cara Melihat Postingan Lama di Instagram Orang Lain secara Manual
Cara Melihat Postingan Lama di Instagram Orang Lain secara Manual

Bagaimana kalau kita mau lihat postingan Instagram yang pertama kali dibuat oleh orang lain? Tentu aja ada bedanya sama lihat postingan kita sendiri. Kita cuma bisa lihat postingan yang orang itu bagikan ke publik. Cara lihat postingan Instagram orang lain yang udah lama bisa pake cara manual.

Cara manual ini sama aja kayak cara manual yang udah saya jelasin sebelumnya, yaitu buka profil orang itu, terus scroll sampe ke bawah profilnya.

Buat tau langkah-langkahnya lebih lengkap, kamu bisa baca lagi sub bab “Cara Melihat Postingan Secara Manual”.

Bagaimana Melihat Postingan Orang Lain yang Diarsipkan

Seperti yang udah saya bilang sebelumnya, kita cuma bisa lihat postingan yang orang itu bagikan ke publik di profil akun Instagramnya. Pas buka profil orang lain, nggak ada menu buat buka postingan yang diarsipin sama orang itu.

Ada nggak sih cara lihat postingan orang lain di Instagram yang diarsipin pake aplikasi lain? Sampai sekarang belum ada. Cara satu-satunya buat lihat postingan yang diarsipin itu cuma kalo orangnya nampilin lagi postingan itu ke profilnya.

Yuk, pake cara melihat postingan pertama di instagram itu buat nemuin postingan pertama kamu yang berkesan! Jangan lupa, hargai privasi orang lain, jangan coba-coba nyari postingan yang nggak dibagi ke publik ya.

Fitria Nurjannah
Fitria Nurjannah Hello World~

Posting Komentar untuk "Cara Melihat Postingan Pertama Di Instagram"