3 Estimasi Modal Jualan Baju Di Tahun 2024

modal jualan baju - Siapa yang tidak ingin memiliki bisnis baju yang sukses? Baju adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang selalu dicari dan dibutuhkan. 

Banyak orang bermimpi untuk bisa menjalankan bisnis baju sendiri, baik secara offline maupun online. Namun, banyak juga yang mengira bahwa untuk memulai bisnis baju, Anda harus memiliki modal yang besar. 

Padahal, modal bukanlah faktor penentu utama kesuksesan bisnis baju. Ada banyak faktor lain yang lebih penting, seperti strategi pemasaran, kualitas produk, pelayanan pelanggan, dan lain-lain. 

Jika Anda memiliki semangat dan tekad yang kuat, Anda bisa sukses menjalankan bisnis baju dengan modal minim. Banyak kisah sukses pebisnis baju yang memulai usahanya dari nol, bahkan hanya dengan modal Rp 500 ribu. 

Baca juga Cara Menjadi Distributor Velvet Junior

Mereka berhasil mengembangkan bisnisnya hingga menjadi besar dan menghasilkan omzet miliaran rupiah. Anda juga bisa menjadi salah satu dari mereka, asalkan Anda mau belajar dan berusaha. Di artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara memulai dan mengembangkan bisnis baju, baik offline maupun online. 

Kami akan membahas berbagai jenis bisnis baju, cara menentukan modal dan skala bisnis, strategi mencari supplier dan produk unggulan, tips memilih produk, jurus pemasaran jitu, dan tips sukses bisnis baju. Simak terus artikel ini hingga selesai, dan siapkan diri Anda untuk menjadi pebisnis baju yang sukses.

Mengenal Jenis-jenis Bisnis Jualan Baju

Mengenal Jenis-jenis Bisnis Jualan Baju
Mengenal Jenis-jenis Bisnis Jualan Baju

Bisnis baju memiliki berbagai jenis dan model, tergantung pada cara Anda menjualnya. Secara umum, ada dua jenis bisnis baju, yaitu offline dan online. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang masing-masing jenis bisnis baju:

Jualan Baju Offline

Bisnis baju offline adalah bisnis baju yang menjual produknya secara langsung kepada pelanggan, tanpa melalui media internet. Ada beberapa model bisnis baju offline, antara lain:

Toko Fisik

Anda membuka toko baju di lokasi yang strategis, seperti mall, pasar, atau pusat perbelanjaan. Anda harus menyewa tempat, merenovasi toko, menyiapkan stok barang, dan mempekerjakan pegawai.

Baca juga Jualan Baju di Mobil Pribadi Yang Menguntungkan

Keuntungan bisnis baju toko fisik adalah Anda bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas, menampilkan produk secara lebih menarik, dan memberikan pelayanan yang lebih baik.

Namun, biaya operasional bisnis baju toko fisik juga cukup tinggi, sehingga Anda harus mengatur keuangan dengan baik.

Pasar Kaget/Thrifting

Anda menjual baju bekas atau barang unik yang Anda dapatkan dari berbagai sumber, seperti pakaian donasi, barang temuan, atau barang impor.

Anda hanya perlu menyewa lapak di pasar kaget atau tempat sejenis, dan menjual barang-barang Anda dengan harga murah.

Keuntungan bisnis baju pasar kaget atau thrifting adalah Anda bisa memulainya dengan modal yang sangat kecil, dan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Namun, Anda harus bersaing dengan banyak penjual lain, dan harus rajin mencari barang-barang yang berkualitas dan diminati pelanggan.

Jualan Baju Melalui Online

Bisnis baju online adalah bisnis baju yang menjual produknya melalui media internet, seperti website, marketplace, atau media sosial. Ada beberapa model bisnis baju online, antara lain:

Marketplace

Anda menjual baju di platform online yang menyediakan fasilitas jual beli, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, atau Lazada. 

Anda tidak perlu membuat website sendiri, dan bisa memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh marketplace, seperti sistem pembayaran, pengiriman, promosi, dan lain-lain. 

Keuntungan bisnis baju marketplace adalah Anda bisa memulainya dengan gratis, dan mendapatkan akses ke jutaan pelanggan potensial. Namun, Anda harus membayar komisi penjualan kepada marketplace, dan harus bersaing dengan banyak penjual lain yang menjual produk serupa.

Instagram/Facebook Shop

Anda menjual baju di media sosial, seperti Instagram atau Facebook. Anda bisa membuat akun khusus untuk bisnis Anda, dan mengunggah foto-foto produk Anda secara menarik. Anda juga bisa membangun branding yang kreatif, dan menargetkan pelanggan yang spesifik. 

Baca juga Jualan Apa Yang Cepat Laku Di Pasar

Keuntungan bisnis baju Instagram atau Facebook Shop adalah Anda bisa memulainya dengan modal yang kecil, dan mendapatkan interaksi yang lebih tinggi dengan pelanggan. Namun, Anda harus mengurus sendiri proses pemesanan, pembayaran, dan pengiriman, dan harus rajin mengupdate konten Anda agar tidak kalah dengan kompetitor.

Dropship

Anda menjual baju tanpa harus memiliki stok barang sendiri. Anda bekerja sama dengan supplier yang menyediakan barang, dan Anda hanya bertugas sebagai perantara antara supplier dan pelanggan. 

Anda bisa menjual baju di berbagai media online, seperti website, marketplace, atau media sosial. Keuntungan bisnis baju dropship adalah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk stok barang, dan bisa menjual berbagai macam produk tanpa batas. 

Namun, Anda harus memiliki strategi pemasaran yang kuat, dan harus menerima margin kecil dari supplier.

Menentukan Modal Jualan Baju

Menentukan Modal Jualan Baju
Menentukan Modal Jualan Baju

Setelah mengetahui jenis-jenis bisnis baju, Anda harus menentukan modal jualan baju sesuai dengan kemampuan dan tujuan Anda. Berikut ini adalah beberapa kategori modal dan skala bisnis, beserta contoh bisnis baju yang cocok untuk masing-masing kategori:

Modal Kecil (< Rp 5 Juta)

Jika Anda memiliki modal jualan baju yang terbatas, Anda bisa memilih bisnis baju yang tidak membutuhkan biaya operasional yang besar, seperti pasar kaget, dropship, atau online shop sederhana.

Anda bisa menjual baju bekas, barang unik, atau produk-produk murah yang banyak dicari pelanggan.

Anda bisa memanfaatkan media sosial atau marketplace untuk mempromosikan produk Anda, dan mengandalkan mulut ke mulut atau testimoni pelanggan untuk meningkatkan reputasi Anda. 

Contoh bisnis baju dengan modal kecil adalah Dita, yang memulai bisnis pakaian dalam dengan modal Rp 500 ribu1, atau Shelly, yang memulai bisnis makanan dan minuman olahan dari buah salak dengan modal Rp 50 ribu2.

Modal Sedang (Rp 5-15 Juta) 

Jika Anda memiliki modal yang cukup, Anda bisa memilih bisnis baju yang memiliki potensi pertumbuhan yang lebih besar, seperti online shop lebih lengkap, pasar kaget, atau toko kecil.

Anda bisa menjual baju baru, barang branded, atau produk-produk berkualitas yang sesuai dengan target pasar Anda. Anda bisa membuat website sendiri, atau memanfaatkan fitur-fitur premium dari marketplace atau media sosial untuk memperluas jangkauan Anda.

Baca juga Rekomendasi Toko Baju Anak Di Shopee

Anda juga bisa berkolaborasi dengan influencer, komunitas, atau media untuk meningkatkan awareness Anda. 

Contoh bisnis baju dengan modal sedang adalah Monica, yang memulai bisnis fashion merek Monomolly dengan modal Rp 10 juta3, atau Tri Wahyuni, yang memulai bisnis baju dengan modal Rp 300 ribu4.

Modal Besar (> Rp 15 Juta)

Jika Anda memiliki modal jualan baju yang besar, Anda bisa memilih bisnis baju yang memiliki skala yang lebih luas, seperti toko fisik strategis, koleksi branded, atau tim pemasaran. 

Anda bisa menjual baju premium, barang eksklusif, atau produk-produk inovatif yang menarik perhatian pelanggan. Anda bisa membuka toko di lokasi yang ramai, seperti mall, pusat kota, atau tempat wisata. 

Anda juga bisa membangun tim profesional, seperti desainer, fotografer, copywriter, atau digital marketer untuk mengoptimalkan bisnis Anda. 

Contoh bisnis baju dengan modal besar adalah Zalora, yang merupakan salah satu toko online fashion terbesar di Asia, atau Berrybenka, yang merupakan salah satu brand fashion lokal yang sukses.

Estimasi modal jualan baju 

Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis ini, berikut ini beberapa estimasi modal jualan baju di Tahun 2024.

Jenis Bisnis Baju Modal Awal Rincian Biaya
Toko Fisik Rp 33.650.000 Sewa tempat, meja kerja, laptop, printer, software, website, rak pakaian, gantungan pakaian, manekin, etalase, ATK, spanduk, desain interior, CCTV, biaya listrik, air, internet, telpon, pulsa, maintenance
Brand Sendiri Rp 21.400.000 Bahan baku, aksesoris, jahit, sablon, packaging, pemasaran
Toko Pakaian Anak-Anak Rp 54.000.000 Belanja bahan, mesin jahit, sewa lokasi, etalase, rak
Online Shop Rp 21.340.000 Bahan baku, aksesoris, jahit, sablon, packaging, pemasaran, biaya operasional bulanan

Strategi Mencari Supplier dan Produk Unggulan

Strategi Mencari Supplier dan Produk Unggulan
Strategi Mencari Supplier dan Produk Unggulan

Salah satu faktor penting dalam bisnis baju adalah supplier dan produk yang Anda jual. Supplier adalah pihak yang menyediakan barang yang Anda jual, sedangkan produk adalah barang yang Anda tawarkan kepada pelanggan.

Anda harus mencari supplier yang terpercaya, berkualitas, dan memberikan harga yang kompetitif.

Anda juga harus mencari produk yang unggulan, yaitu produk yang memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk lain, baik dari segi kualitas, desain, harga, atau nilai tambah lainnya. Berikut ini adalah beberapa strategi mencari supplier dan produk unggulan, tergantung pada jenis bisnis baju Anda:

Mencari Supplier Baju Secara Offline Agar modal jualan baju Lebih Kecil

Jika Anda menjalankan bisnis baju offline, Anda bisa mencari supplier dan produk unggulan di tempat-tempat berikut:

Pasar Tanah Abang:

Pasar Tanah Abang adalah salah satu pusat grosir baju terbesar di Indonesia, yang menyediakan berbagai macam produk fashion, mulai dari baju anak, wanita, pria, hingga busana muslim. 

Anda bisa mendapatkan produk-produk berkualitas dengan harga murah, dan bisa menawar langsung dengan penjual. Anda juga bisa melihat langsung kondisi dan kualitas produk yang Anda beli, dan bisa memilih produk yang sesuai dengan selera dan target pasar Anda.

Grosir Lokal

Grosir lokal adalah tempat yang menjual produk-produk fashion secara grosir, biasanya berada di kota-kota besar, seperti Bandung, Surabaya, Yogyakarta, atau Medan. Anda bisa mendapatkan produk-produk yang lebih beragam dan lebih eksklusif, karena biasanya grosir lokal menjual produk-produk buatan lokal, yang memiliki desain dan kualitas yang lebih baik. 

Anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah, karena Anda membeli langsung dari produsen atau distributor.

Produsen

Produsen adalah pihak yang membuat atau memproduksi produk-produk fashion, baik secara massal maupun custom. 

Anda bisa mendapatkan produk-produk yang paling unggul, karena Anda bisa menentukan sendiri spesifikasi, desain, bahan, warna, ukuran, dan lain-lain. Anda juga bisa mendapatkan harga yang paling murah, karena Anda tidak perlu membayar biaya tambahan, seperti ongkos kirim, pajak, atau komisi. 

Namun, Anda harus memiliki modal yang cukup besar, karena biasanya produsen memiliki minimal order yang tinggi, dan membutuhkan waktu yang lama untuk produksi.

Mencari Suplier Baju Secara Online 

Jika Anda menjalankan bisnis baju online, Anda bisa mencari supplier dan produk unggulan di tempat-tempat berikut:

Platform B2B

Jika kamu memiliki modal jualan baju yang terbatas, kamu bisa mencari supplier secara online salah satu nya dengan platform B2B. 

Platform B2B adalah platform online yang menghubungkan antara penjual dan pembeli produk-produk bisnis, seperti Alibaba, Indotrading, Ralali, atau Eezee. Anda bisa mendapatkan produk-produk yang berkualitas dan beragam, dari berbagai negara, merek, atau kategori. 

Anda juga bisa mendapatkan harga yang kompetitif, karena Anda bisa membandingkan harga dari berbagai supplier, dan bisa menawar atau negosiasi secara online. 

Namun, Anda harus berhati-hati dengan penipuan, barang palsu, atau kualitas yang tidak sesuai dengan deskripsi, dan harus memeriksa reputasi dan testimoni supplier sebelum bertransaksi.

Supplier Luar Negeri

Supplier luar negeri adalah pihak yang menyediakan produk-produk fashion dari negara-negara lain, seperti China, Korea, Thailand, atau Turki. 

Anda bisa mendapatkan produk-produk yang lebih unik, trendy, dan berkualitas, karena biasanya supplier luar negeri memiliki akses ke pasar fashion internasional, dan memiliki standar kualitas yang lebih tinggi. 

Anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah, karena Anda bisa memanfaatkan kurs mata uang yang menguntungkan, atau bebas pajak. 

Namun, Anda harus menyiapkan biaya tambahan, seperti ongkos kirim, bea cukai, atau asuransi, dan harus menyesuaikan ukuran, warna, atau model dengan selera dan kebiasaan pasar Indonesia.

Dropshipping Terpercaya

Dropshipping terpercaya adalah pihak yang menyediakan layanan dropshipping, yaitu menjual produk-produk tanpa harus memiliki stok barang sendiri. 

Anda bisa mendapatkan produk-produk yang beragam dan berkualitas, tanpa harus mengeluarkan biaya untuk stok barang, gudang, atau pengiriman. Anda juga bisa mendapatkan harga yang kompetitif, karena Anda bisa memilih supplier yang memberikan harga terbaik, dan bisa menetapkan margin keuntungan sendiri. 

Namun, Anda harus mencari dropshipping yang terpercaya, yang memiliki reputasi baik, pelayanan cepat, dan kualitas produk yang terjamin.

Penutup

Demikianlah panduan lengkap tentang cara memulai dan mengembangkan bisnis baju, baik offline maupun online. 

Kami harap artikel ini bisa memberikan Anda informasi, inspirasi, dan motivasi untuk menjalankan bisnis baju Anda. 

Bisnis baju adalah bisnis yang menjanjikan, karena memiliki potensi pasar yang besar, permintaan yang tinggi, dan keuntungan yang besar. Anda bisa sukses menjalankan bisnis baju, asalkan Anda memiliki semangat, tekad, dan usaha yang kuat. 

Jangan ragu untuk memulai bisnis baju Anda sekarang juga, dan siapkan diri Anda untuk menjadi pebisnis baju yang sukses. Selamat mencoba, dan semoga berhasil.

Terima kasih sudah berkunjung di website dimudahin, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan gambaran untuk temen-temen semua dalam estimasi modal jualan baju.

Jangan lupa baca artikel seputaran bisnis di website dimudahin.com.

Fitria Nurjannah
Fitria Nurjannah Hello World~