Perbedaan Oppo Find N3 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip 5

Ponsel layar lipat udah ada sejak dulu, tapi kok masih jarang ya pabrikan ponsel yang bikin? Kayaknya sekarang cuma ada dua merk besar yang main di ponsel layar lipat model clamshell, yaitu Oppo sama Samsung. Dari Oppo, ada Find N3 Flip yang baru keluar. 

Dari Samsung, ada Galaxy Z Flip 5 yang juga baru. Gimana sih bedanya dua ponsel layar lipat ini? Yuk, kita lihat ulasannya.

Perbedaan Oppo Find N3 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip 5

Perbedaan Oppo Find N3 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip 5
Perbedaan Oppo Find N3 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip 5

Desain

Kalau dilihat sekilas, dua ponsel ini mirip-mirip aja. Tapi kalau diperhatiin lebih jelas, Z Flip 5 lebih kecil dan lebih ringan daripada N3 Flip, meski nggak terlalu banyak bedanya. Z Flip 5 tebalnya 15,1mm kalau ditutup dan 6,9 mm kalau dibuka.

Sedangkan N3 Flip tebalnya 7,8 mm kalau dibuka dan 16,5 mm kalau ditutup. Beratnya beda 9 gram, yaitu Z Flip 5 lebih ringan dengan berat 187 gram.

Terus layar bagian luar. Oppo sama Samsung punya gaya yang beda di bagian ini. Oppo pake layar yang biasa aja, dengan panel AMOLED segede 3,26 inch. Sementara Samsung “ngeborong” bagian luarnya dengan layar segede 3,4 inch, kecuali tempat buat kamera.

Baca juga Spesifikasi dan Harga Vivo Y100 5G

Layar N3 Flip yang lebih kecil ini bikin kamu lebih gampang megangnya dengan satu tangan. Terus tampilannya juga lebih asyik dan bisa pake lebih banyak aplikasi yang bisa dijalanin langsung dari luar, meski Samsung juga kasih aplikasi Good Lock buat nambahin aplikasi ke layar luar, tapi caranya agak ribet.

Engsel

Engsel atau hinge ini penting banget buat ponsel lipat. Oppo bilang Flexion Hinge di N3 Flip ini dari bahan stainless steel, dan kuat banget bisa dibuka tutup sampe satu juta kali. Samsung cuma bilang engsel Z Flip 5 tahan 200 ribu kali buka tutup aja.

Flexion Hinge N3 Flip juga bikin bekas lipatan layar (crease) yang lebih ilang daripada di Z Flip 5. Bekas lipatannya sih masih keliatan, tapi jauh lebih sedikit. Oh iya, layar N3 Flip sama Z Flip 5 juga bisa nutup rapet tanpa ada celah.

Perbedaan Oppo Find N3 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip 5 Pada Layar

Perbedaan pada Layar
Perbedaan pada Layar

N3 Flip pake panel LTPO AMOLED segede 6,8 inch, lebih gede dikit daripada Z Flip 5 yang pake Dynamic AMOLED 2X segede 6,7 inch. Dua-duanya punya resolusi FHD+, 120Hz, dan HDR10+. Tapi di kertas, layar Samsung ini lebih terang, yaitu 1.750 nits banding 1.600 nits di Oppo.

System on a chip dan baterai

System on a chip (SoC), atau biasa disebut prosesor, yang dipake dua ponsel ini beda pabrikan. Samsung pilih Snapdragon 8 Gen 2 dari Qualcomm, sementara Oppo pilih Dimensity 9200 dari MediaTek.

Dua-duanya pake arsitektur 4nm, RAM LPDDR5X, dan storage UFS 4.0. RAM N3 Flip 12GB, sementara Z Flip 5 cuma 8GB. Performanya gimana? Dari tes detikINET, skor AnTuTu Find N3 Flip tembus satu juta. Jadi, meski bentuknya ponsel layar lipat, performanya tetep kenceng dan bisa main game berat kayak Genshin Impact lancar. Dan pastinya, pake sehari-hari nggak ada lemot, dengan baterai yang awet.

Di baterai, N3 Flip menang jauh karena punya baterai yang lebih gede sama pengisian daya yang lebih kenceng. Yaitu 3.700 mAh banding 4.300 mAh, dan pengisi daya 25W banding 44W. Tapi, Z Flip 5 bisa wireless charging sampe 15W dan reverse wireless charging 4,5W. Kelebihan lain Oppo kasih adapter pengisian daya yang lebih gede daripada daya yang masuk ke ponsel segede 65Watt.

Kamera

Di sini harus diakuin Oppo punya kelebihan yang jauh. Tiga kamera yang ada di N3 Flip dibuat sama Hasselblad, dan terdiri dari kamera utama dengan sensor Sony IMX890 50MP dengan OIS, kamera ultrawide 48MP dengan field of view 114 derajat, dan kamera portrait 32MP dengan zoom optik 2x. Terus kamera selfienya 32MP.

Baca juga Spesifikasi Oppo Reno 11 5G

Sedangkan Z Flip 5 masih pake sistem kamera yang sama dengan Z Flip seri sebelumnya. Yaitu dua kamera 12MP di belakang buat kamera utama (dengan OIS) dan ultrawide, sama kamera selfie 10MP.

Kesimpulan

Perbedaan oppo find n3 flip dan samsung galaxy z flip 5 kalau dilihat dari harga, dua ponsel ini sama-sama Rp 15.999.000 (varian 12GB/256 di Find N3 Flip dan 8GB/256GB di Galaxy Z Flip 5), tapi kalau dilihat dari kelebihan dan kekurangan, Find N3 Flip lebih oke menurut kita.

Soalnya, meski SoC yang dipake Z Flip 5 lebih kenceng dikit, Find N3 Flip nggak kalah cepet kok. Kita udah coba main Genshin Impact dengan setelan tinggi dan frame rate 60, lancar aja di Find N3 Flip. Terus baterainya juga lebih gede sama pengisian dayanya lebih kenceng.

Fitria Nurjannah
Fitria Nurjannah Hello World~

Posting Komentar untuk "Perbedaan Oppo Find N3 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip 5"